oleh

Bangun Infrastruktur Jalan, Banggar DPRD Bone Usul Pemkab Pinjam Uang

KLIKBONE.COM, WATAMPONE- Anggota Badan Anggaran(Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Bone mengusulkan pemerintah daerah(Pemda) Bone untuk meminjam uang dalam membangun infrastruktur jalan, Senin (1/7/2019).

Hal itu menyikapi minimnya kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bone dalam pembangunan infrastruktur jalan.

Ketua Banggar DPRD Bone A Akbar Yahya menuturkan peminjaman uang untuk memaksimalkan pembangun infrastruktur jalan di Bone.

“Saya secara pribadi sangat setuju untuk dilakukan pinjaman karena dari segi keuangan daerah kita tidak mampu, kenapa tidak dilakukan kalau untuk kepentingan publik,” kata A Akbar Yahya di sela-sela rapat Banggar terkaur laporan Keterangan Pertanggungjawaban( LKPJ ) APBD Bone 2018 beberapa waktu lalu.

“Perlu komunikasi dengan kementerian keuangan untuk menjawab hal tersebut, pinjaman diplotkan hanya untuk bangun jalan saja,” tambahnya.

 

Ketua DPRD Bone itu menyebut kemampuan keuangan daerah Bone dalam membangun jalan hanya sekitar Rp 100 miliar.

“Kemampuan daerah kita itu hanya berkisar Rp 100 miliar per tahun ke Dinas PU dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan,” kata politisi Golkar ini.

Senada dengan A Akbar Yahya, Wakil Ketua Komisi III H Kaharuddin yang membidangi masalah infrastruktur setuju jika Pemda Bone mempunyai keinginan melakukan pinjaman ke kementerian keuangan.

“Tetapi sebelum kita lakukan itu harus duduk bersama semua stakeholder membicarakan hal ini supaya tidak berpolemik,” kata H Kaharuddin.

Sekedar diketahui, panjang jalan yang menjadi tanggungan pemda Bone berkisar 2500 kilometer.

Selebihnya ratusan kilometer jalan di Bone ada menjadi tanggungan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah desa.

Sementara itu kemampuan anggaran daerah Bone melalui dinas PU Bone hanya Rp 100 miliar per tahun atau hanya mampu membangun kurang lebih 60 kilometer.(Abu).

Komentar