oleh

Bone Kembali Raih Penghargaan Proklim 2019

 

KLIKBONE.COM, WATAMPONE-
Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bone dibawah kepemimpinan Bupati Bone Dr A Fahsar M Padjalangi dan wakilnya Ambo Dalle kembali meraih penghargaan tingkat nasional.

Kali ini, Pemkab Bone mendapatkan penghargaan dalam Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2019 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan itu diterima Bupati Bone Dr H A Fahsar M Padjalangi, M.Si dan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, M Sc

 

Penyerahan penghargaan serangkaian dalam acara Festival Iklim Tahun 2019 di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Adapun tema Festival Iklim 2019 yaitu “Emisi Menurun, Indonesia Maju Berketahanan Iklim”.

Penghargaan Proklim 2019 khusus di Provinsi Sulawesi Selatan hanya diberikan kepada 5 kabupaten, yakni Bone, Sinjai, Barru, Bantaeng, dan Gowa, dan termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bone berhak menerima penghargaan karena selama ini giat dalam upaya mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim melalui penetapan regulasi, pembinaan dan pendampingan dalam pengendalian perubahan iklim.

Adapun lokus pengendalian perubahan iklim yang menjadi titik penilaian, yakni Dusun Litta Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

 

Bupati Bone Dr A Fahsar M Padjalangi bersyukur atas penghargaan yang diperoleh Kabupaten Bone.

“Alhamdulillah Bone kembali meraih penghargaan proklim tahun 2019, penghargaan ini diperoleh karena Pemerintah kabupaten Bone konsisten dalam mendorong Program Kampung Iklim yang diterapkan selama ini,” kata bupati Bone dua periode ini.

Proklim, menurutnya, merupakan suatu kegiatan yang memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata, adaptasi, dan mitigasi dalam menghadapi variabilitas iklim serta dampak perubahan iklim.

 

Untuk diketahui Kabupaten Bone tidak hanya tahun ini mendapat penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun sudah tiga tahun berturut, yaitu:

Penghargaan Proklim Tahun 2017 lokus Desa Poleonro diwakili Dusun Wanuae juga menjadi satu-satunya lokasi Proklim di Kabupaten Bone dan satu dari empat Desa di Sulawesi Selatan yang menerima Tropi Proklim Utama Tingkat Nasional.

Kemudian Penghargaan Proklim Tahun 2018 dengan lokus Dusun Polewali Desa Poleonro merupakan satu-satunya lokasi Proklim di Kabupaten Bone serta satu dari tiga dusun di Sulawesi Selatan yang berhasil meraih Tropi Proklim Utama Tingkat Nasional tahun 2018.

Dan penghargaan Proklim Tahun 2019 ini dengan lokus Dusun Litta Desa Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Seperti diketahui, Trophy Proklim ini ada 4 tingkatan yaitu, Pratama, Madya, Utama dan Lestari. Tingkatan Lestari adalah yang tertinggi.

Untuk mendapatkan Trophy Proklim Lestari, minimal kelompok tersebut telah mengembangkan kegiatan proklim ke 10 lokasi desa/dusun lainnya.

Selain pemberian penghargaan, rangkaian Festival Iklim juga melakukan kegiatan talkshow, seminar, dialog interaktif dengan menghadirkan narasumber dari berbagai elemen, seperti pemerintah pusat dan daerah, akademisi, dan dunia usaha.(Adv).

 

 

 

Komentar