oleh

Kapolsek Beri Penyuluhan Hukum ke Aparat Desa

LIBURENG, KLIKBONE.com  Jajaran aparatur desa bersama tokoh masyarakat dan segenap warga di Desa Ponre-Ponre, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, diberi Penyuluhan Hukum di Aula Kantor Desa Ponre-Ponre, Senin (16/12/2019).

 

Penyuluhan Hukum mengangkat tema “Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)” digelar dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat.

 

Hadir sebagai pemateri Kapolsek Libureng AKP Hajriadi dan Camat Libureng di wakili Sekcam Libureng H Syamsul Bahri.

 

Kapolsek Libureng AKP Hajriadi dalam materinya menyampaikan seputar masalah hukum dan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga kambtibmas di lingkungannya masing-masing. Menurutnya, peran masyarakat itu, bisa dibangkitkan dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat lewat sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan.

 

“Memberikan pedidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi, juga akan membuat mereka mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan mereka,”jelas Kapolsek Libureng AKP Hajriadi

 

Lebih lanjut Hajriadi menjelaskan, Warga Negara memiliki kewajiban dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat sebagaimana yang telah diatur dalam UU. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

 

“Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Ronda, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langusung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan. Pos Ronda dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan,”lanjutnya*

Komentar