oleh

Ratusan Anggota PPS Nur Rachmat Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

UKT PPS Nur Rachmat Indonesia Cabang Bone

KLIKBONE.com, Palakka- Ratusan Anggota Perguruan Pencak Silat (PPS) Nur Rachmat Indonesia, Cabang Bone mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di desa Passippo, Kecamatan Palakka, Bone, Sabtu (3/3) hingga Minggu (4/3/2018). Mereka anggota Cabang Bone, ranting Labotto, Lanca dan beberapa anggota dari cabang lain.

 

 

UKT ini dipimpin lansung Guru Besar PPS Nur Rachmat Indonesia Sudirman Makku.

 

 

Hadir, Dewan Guru PPS Nur Rachmat Provinsi Sulsel yang juga selaku Pembina Cabang Bone Dr H Sudirman MPd, Pembina Ranting Labotto Aziz K, Pembina Ranting Lanca H Abd Haris, Majelis Penasehat Organisasi (MPO) Pusat yang juga selaku Ketua Cabang Bone Drs A Burhanuddin, Ketua Umum Pusat Drs Rapiuddin, Asesor Pelatih Sulsel Subhan Fausi, dan pelatih.

UKT PPS Nur Rachmat Indonesia Cabang Bone
Guru Besar PPS Nur Rachmat Indonesia Sudirman Makku (baju blis hijau) bersama Pengurus PPS Nur Rachmat Cabang Bone

Sudirman Makku, pada kesempatan itu menyampaikan kepada seluruh muridnya, agar menjadikan UKT sebagai salah satu momentum untuk melatih diri secara lahir dan batin. Menjalani proses untuk diri yang kuat secara fisik maupun mental.

 

 

Menurut beliau, UKT sebagai salah satu proses pelatihan dan pembinaan, yang ditempuh dalam perguruan, untuk mengolah diri menjadi pesilat yang berakhlak baik, kuat lahir maupun batin. Seorang pesilat/silat di Nur Rachmat sejatinya dimaknai bukan berarti tarung/bertempur, tapi silat bermakna sambung atau menyambung rasa, dalam hal ini memperbaiki rasa persaudaraan, hubungan habluminallah dan habluminannas, baik terhadap sesama anggota maupun masyarakat lainnya.

 

 

“Sebagai Pesilat, kita harus selalu upaya menjaga hubungan dengan sesama karena Allah Swt. Karena bagaimana pun, seperti halnya rezeki memang dari Allah tapi juga melalui manusia lainnya, maka kita harus memperbaiki diri dan menjaga hubungan kepada sesama, “tuturnya dalam rilis yang diterima KLIKBONE.com

Dengan demikian, lanjutnya, PPS Nur Rachmat menjadi salah satu wadah untuk membentuk pesilat yang menjaga silahturahmi antara sesama, menghindari yang namanya merusak, tahu kapan harus melawan (membela diri) dan kapan harusnya sabar (menghindar) demi terjaganya hubungan sesama
dan kepada sang pencipta Allah SWT.

UKT PPS Nur Rachmat Indonesia Cabang Bone
Sudirman Makku saat memberi pengarahan

Hal senada disampaikan Dewan Guru PPS Nur Rachmat Provinsi Sulsel yang juga selaku Pembina PPS Nur Rachmat Cabang Bone, Dr H Sudirman MPd.

 

 

Beliau mengatakan, UKT sebagai salah satu upaya membina diri pesilat. Selain itu sebagai upaya meningkatkan pemahaman keilmuan, memupuk rasa persaudaraan dan persatuan, khususnya sesama anggota maupun masyarakat.

 

Komentar