oleh

Rumah Adat Bugis di Makassar

Satu lagi yang unik dari Makassar, yaitu adatnya, dan kali ini ktia akan membahas mengenai salahs atu rumah adat yang sangat unik di Makassar, yaitu Rumah Adat Bugis. Sayangnya, rumah ada Buggis ini sudah jarang ditemui di Makassar itu sendiri, padahal sayang sekali ya, rumah adat yang menjadi cerminan dari suatu daerah malah perlahan-lahan ditinggalkan.

Rumah adat Buggis ini sangat menarik, apa yang menarik? Rumah Bugis ini ditentukan perbedaannya dari status sosial empunya. Rumah adat Bugis ini 3 hal, yaitu botting langi atau dunia atas, ale kawa atau dunia tengah, dan yang terakhir adalah awa bola atau dunia bawah.

Proses pembuatan rumah adat Bugis ini terbilang sangat unik, mengapa saya katakan demikian? Karena si empu rumah wajib untuk meminta saran kepada Bola tujuannya untuk mencari tempat dan arah yang baik. Biasanya rumah Bugis dibuat dengan bangunan yang menghadap ke arah matahari terbit, menghadap ke dataran tinggi dan menghadap ke salah satu arah mata angin.

Sebelum membuat rumah adat Bugis ini, diwajibkan untuk mengadakan sebuah upacara ritual, setelah itu lanjut untuk mendirikan atau membangun bagian-bagian rumah secara urut. Pertama yang paling wajib adalah kita perlu mendirikan tiang utama terlebih dahulu, setelah selesai, baru kita membangun ke tiang-tian yang lainnya.

Rumah adat Bugis ini bisa kita temui di daerah Taman Miniatur Sulawesi Selatan, dan juga ada di Istana Raja Gowa Balla Lompoa. Istana Raja Gowa Balla Lompoa terletak di kota Sungguminasa, Gowa.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada pikiran untuk membangun rumah seperti itu? Rumah adat Bugis memang rumah adat yang sangat unik, bukan hanya unik, rumah ini adalah salah satu warisan budaya kita, budaya Indonesia yang harus tetap kita jaga kelestariannya. Sebaiknya kita jangan terus-menerus mengikuti adat istiadat mereka di luar sana yang glamor, cukup sederhana saja, toh kesederhanaan adalah hal yang sangat enak dipandang dan tidak terkesan pamer bukan?

Komentar