oleh

Satpol PP Gencar Tangkap Sapi, Ini Tujuannya

BONE, Klikbone.com – Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Sulawesi Selatan, yang saat ini serius melakukan upaya penegakan peraturan daerah (Perda) penertiban ternak kian masif dilakukan.

Kali ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bone kembali melakukan penertiban hewan liar di Jl Bhayangkara Kelurahan Watampone Kecamatan Tanete Riattang, Bone, Rabu (7/8/2019).

Hasilnya, ditemukan ternak sapi yang berkeliaran di jalan umum. Ternak berkeliaran itu ditangkap karena dinilai menjadi penyebab timbulnya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, diduga kerap merusak tanaman di pekarangan atau ladang milik warga.

Kasatpol PP Bone, H A Sumardi Suaib MM melalui Kabid Ketertiban Umum A Baharuddin SIP MSi mengatakan, penangkapan sapi yang berkeliaran di jalan umum hampir setiap hari dilakukan oleh personil Satpol PP Bone. Pihaknya, berharap, penertiban dapat memberikan efek pemahaman kepada masyarakat.

“Kita berharap dengan penertiban ini memberikan pemahaman kepada masyarakat karena Perda harus ditegakkan dan dipatuhi oleh masyarakat, dan juga supaya masyarakat belajar tertib tidak melepas liarkan ternak miliknya,”terang A Bahar dalam rilis kepada awak media

Untuk sementara, lanjutnya, operasi telah berhasil menangkap 1 ekor sapi dan hewan itu pun langsung diamankan. Bahkan, setiap sapi maupun ternak lain yang ditemui saat tim melakukan patroli di jalan umum, para anggota Satpol PP langsung mengejar dan menangkapnya.

“Ternak yang berhasil ditangkap diangkut dan dibawa di tempat penampungan yang berada di Kelurahan Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur, Bone, untuk diamankan”katanya

Bagi pemilik ternak tersebut, masih lanjutnya, diminta datang ke kantor Satpol PP Bone untuk mengurus dan mengambil kembali ternaknya dengan membuat pernyataan bahwa tidak lagi melepaskan ternaknya di jalan umum.

‚ÄúTindakan ini dilakukan untuk membuat efek jera kepada pemilik ternak, supaya tidak melepaskan lagi ternak mereka di jalam umum karena sangat membahayakan para pengguna jalan”pungkasnya*

Komentar