oleh

‘Bahagia Mu Halangi Jalan Orang’? Siap-siap Berurusan Polisi

BONE, KLIKBONE.COM- Kebahagiaan adalah hak setiap masyarakat untuk berbahagia dengan hidup dan kehidupannya secara benar dan baik. Menggelar pesta terkait kebahagiaan itu juga adalah hak tiap warga tapi harus memperhatikan kepentingan umum.

Terlebih jika menggunakan fasilitas umum, semisal jalan umum untuk mendirikan tenda pesta perkawinan harus memperhatikan kepentingan umum. Namun kenyataannya, pendirian tenda kebahagiaan itu justru kerap mengundang keluhan dari pengguna jalan. Bahkan hingga memicu kelakar ‘Bahagia mu menghalangi jalan ku’.

Merespon hal tersebut, Satlantas Polres Bone, Kabupaten Bone, akan menertibkan tenda hajatan pernikahan yang gunakan jalan umum demi keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan raya (Kamseltibcar Lantas).

Kasat Lantas Polres Bone, AKP Fitriawan melalui Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres Bone IPTU Suherman mengatakan, keberadaan tenda pernikahan yang menggunakan jalan umum itu kerap dikeluhkan oleh pengendara karena mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Kata dia, hajatan pesta pernikahan haruslah dipersiapkan dengan matang.

“Hendaknya, suatu acara dilaksanakan tanpa mengganggu orang lain. Seperti masalah lokasi,”ungkapnya, Sabtu (22/5).

Ia juga menyebutkan, telah memberi teguran dan himbauan kepada pemilik hajatan yang menutupi akses jalan di Jalan Salak Watampone. Setelah diberi teguran, yang punya hajatan langsung memahami dan mengeser tendanya yang semula menghalangi penguna jalan melewati jalan tersebut hingga dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Jika pemilik hajat ingin menggelar pesta di rumah, seharusnya lokasi acara tidak mengambil lahan jalan umum terlebih bila rumahnya berada di pinggir jalan.
Jangan sampai tenda pernikahan yang didirikan menghambat lalu lintas di sekitar,” pungkasnya.*

Komentar