oleh

Bupati Bone: Mudik di Hari Terlarang Turun

BONE, KLIKBONE.COM- Hasil pemantauan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi di seluruh Posko Penyekatan di daerah berjuluk Bumi Arung Palakka ini menunjukkan adanya penurunan jumlah orang yang masuk ke Bone melewati posko perbatasan. Hal ini disampaikan melalui Jubir Satgas Covid-19 Bone Yusuf.

“Hasil pemantauan keliling seluruh Posko oleh bapak Bupati Bone, menunjukkan adanya penurunan yang signifikan orang-orang yang akan masuk melalui posko perbatasan,”ungkap Yusuf, Minggu (9/5/2021).

Lebih lanjut Sekretaris Dinas Kesehatan Bone itu menjelaskan, dengan adanya penurunan signifikan di posko penyekatan itu, berarti pesan larangan mudik yang jauh-jauh hari disampaikan dapat membantu mengurungkan niat sebagian pemudik. Kendatipun demikian, ia juga mengakui adanya warga yang berusaha untuk mudik dengan berbagai macam alasan.

“Penilaian sepenuhnya ada pada petugas lapangan. Ada yang memang harus putar balik tapi ada juga dengan alasan yang sangat kuat bisa dilewatkan,”terangnya

Ia berharap masyarakat bisa bersabar untuk tidak mudik dan menerapkan protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

“Mari kita bersabar tuk tidak mudik tahun ini dan sama-sama menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar Covid-19 benar-benar berlalu dan tahun depan bisa mudik bertemu sanak keluarga dalam suasana lebaran,”pungkasnya

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi meminta pengetatan pemeriksaan di lima posko perbatasan Kabupaten Bone tetap dilakukan dengan cara-cara humanis.

Bupati meminta kepada seluruh petugas posko agar melaksanakan tugas dengan cara-cara yang humanis dengan tetap mengedepankan budaya sipakatau dan sipakainge

Sebanyak lima posko perbatasan perketat pemeriksaan kepada warga yang akan keluar masuk ke Kabupaten Bone. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya gelombang penyebaran Covid-19 yang mengalir bersama arus mudik.

Posko pemeriksaan yang dimaksud berada di wilayah Kecamatan Kajuara, Libureng, Lamuru, Ajangale dan Amali. Adapun pemeriksaan di Posko yakni kelengkapan sesuai SE Satgas Covid-19. Seperti, surat izin masuk atau surat tugas, menunjukkan surat ket rapid test antigen.

Selain itu, semua pelintas dicatat dan dikoordinasikan melalui posko secara berjenjang dari forkopincam sampai petugas PPKM mikro di desa dan kelurahan.*

Komentar