oleh

Ini Kalangan Masyarakat yang akan Divaksin Gelombang Pertama

BONE, KLIKBONE.COM- Kalangan masyarakat dari Tenaga Kesehatan (nakes) di Kabupaten Bone menjadi sasaran prioritas pemberian vaksin gelombang pertama awal tahun ini. Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penangangan Covid-19 Bone Yusuf.

Yusuf mengatakan, vaksinasi gelombang pertama di Bumi Arung Palakka akan menyasar kalangan masyarakat dari nakes. Kendati demikian, Ia menyebut Kadinkes tidak menjadi sasaran prioritas berdasarkan umur.

“Beliau (Kadinkes Bone) sekarang berumur 60 tahun. Sasarannya umur 18 sampai dengan 59 tahun,”sebutnya

Selain umur 60 tahun, Ia juga menyebut, masyarakat yang memiliki riwayat penyakit penyerta dan riwayat alergi dengan obat tertentu menjadi salah satu indikator yang tidak masuk sasaran pemberian vaksin.

Ditanya soal apakah kepala daerah akan masuk program vaksin gelombang pertama, ia menjawab belum dapat petunjuk apakah kepala daerah akan memulai vaksin secara nasional atau tidak.

Diberitakan sebelumnya, tata laksana pemberian vaksin telah diatur oleh Pemerintah. Salah satunya bagi masyarakat penerima vaksin akan menerima notifikasi atau pemberitahuan lewat SMS.

“Betul (penerima vaksin) akan dapat notifikasi (SMS),”ungkap Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bone Yusuf

Yusuf menjelaskan, kendati telah menerima notifikasi SMS, bukan berarti sudah dipastikan menerima vaksin. Masih ada tahapan atau indikator lainnya yang perlu dipenuhi calon penerima vaksin tersebut.

“Harus registrasi ulang melalui SMS 1199. Dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Termasuk memilih jadwal dan tempat dimana mau divaksin,”jelasnya

Untuk saat ini, lanjutanya, Vaksin sudah ada di Makassar. Jadwal vaksinasi direncakan mulai tanggal 14/1 atau 15/1/2021 dimulai di Provinsi.

Diketahui Vaksin Sinovac yang didrop dari Jakarta tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa dinihari tadi. Ada 30 ribu dosis yang didistribusi untuk Sulawesi Selatan.

Kedatangan vaksin Covid itu dikawal oleh ratusan aparat TNI-Polri. Vaksin tersebut mendapat pengawalan menggunakan mobil baracuda dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke kantor Dinas Kesehatan Sulsel.*

Komentar