oleh

Ketua DPRD Bone Hadiri Pengambilan Data Persepsi ITK-O Polres Bone

 

KLIKBONE.COM, WATAMPONE—Dalam mengukur kinerja dan capaian program Reformasi Birokrasi Polri. Polres Bone melaksanakan pengumpulan data persepsi responden eksternal dalam rangka pengukuran Indeks Tata Kelola Polri berbasis online (ITK-O) di Aula Sao Deceng Kantor Dinas PU dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tugas yang harus dilaksanakan dan hal yang harus dikerjakan dalam mengukur kinerja dan pencapaian program Reformasi Birokrasi Polri, serta menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang objektif, adil dan akurat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra,S.IK. dan juga dihadiri Wakapolres Bone Kompol Safaruddin, Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan dan para pejabat yang mewakili pimpinan lembaga instasi vertical, serta responden.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini karena Polres Bone terus melakukan langkah perbaikan dalam pelayanan masyarakat,” kata Ketua DPRD Bone Irwandi Burha.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi ITK (Indeks Tata Kelola) Polri Tahun 2021, oleh Kabagren Polres Bone Kompo Haris Muhammad tentang tujuan dan fungsi dari peneliti lokal pelaksanaan survei ITK Polri tahun 2021 ini.

Pelaksanaan kegiatan pengukuran Indeks Tata Kelola dipandu langsung oleh operator Bagren Polres Bone Bripka Muhammad Taufiq dalam hal pengisian data objektif masing-masing responden maupun pengambilan data persepsi dari Eksternal.

Responden Eksternal berasal dari luar personel Polres Bone, yang berasal dari unsur pemerintah, tokoh masyarakat, cendekiawan, akademisi, pemuda, wartawan dengan syarat yang dapat dijadikan responden adalah yang memiliki pengetahuan tentang isu-isu pemeliharaan keamanan kehidupan masyarakat di wilayahnya atau pernah berhubungan dengan permasalahan hukum (seperti saksi, pelapor atau yang menggunakan pelayanan publik).

Kapolres Bone mengatakan bahwa pengukuran kinerja seluruh satuan fungsi tingkat Polres dan Polsek jajaran sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah saat ini.

“Pengambilan data persepsi ini bagian rangkaian dari penilaian kinerja anggota kepolisian dalam ITK-O, dan data persepsi ini didapatkan langsung dari responden internal maupun eksternal Polri melalui kuesioner online yang kami siapkan,” jelasnya

Komentar