oleh

KPPN Buat Inovasi Monitoring Dana Desa Secara Online

BONE, KLIKBONE.COM- Sobat Desa di Bone, Soppeng dan Wajo (BOSOWA) tentu ingin tahu penyaluran Dana Desa oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Watampone secara real time. Nah untuk keperluan itu, KPPN Watampone telah membuat inovasi yang bisa diakses secara daring (online) berbasis internet baik melalui computer maupun android.

Sobat Desa tinggal klik alamat: http://bit.ly/mondebosowa langsung muncul Monitoring Dana Desa di BOSOWA.

Nah, untuk lihat desa tertentu tinggal pilih menu sesuai kabupaten, kecamatan dan desa. Bila ingin tahu detil penyaluran Dana Desa sesuai jenis penyalurannya, juga tinggal klik detil realisasi. Selain itu, bila ingin tahu penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa secara deti per tahap (bulan), tinggal klik BLT.

Kepala Seksi PDMS, Dendi Andrian selaku inovator aplikasi berharap melalui inovasi tersebut, Pemerintah Desa, APDESI, Pendamping Desa, BPD, LSM dan masyarakat bisa memonitor realisasi penyaluran Dana Desa secara cepat dan akurat sesuai data Online Monitoring Sistem Perebendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN).

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman sangat mengapresiasi atas inovasi yang telah dibuat tersebut dalam rangka memenuhi keterbukaan informasi bagi masyarakat.

“Harapannya, masyarakat tidak sekedar mengetahui Dana Desa telah tersalurkan (sent), tapi Dana Desa telah termanfaatkan bagi masyarakat (delivered),”ungkapnya.*

Komentar