oleh

Sarana Air Bersih di Tea Musu Diharap Masuk Program Prioritas

ULAWENG, KLIKBONE.COM- Sarana air bersih di Desa Tea Musu Kecamatan Ulaweng diharap masuk dalam program prioritas rencana pembangunan desa. Baik dalam aspek pemeliharaan sarana air bersih maupun peningkatan kapasitas pemenuhan air bersih ke masyarakat desa.

Sanah, salah satu warga Tea Musu mengatakan, keberadaan sarana air bersih di tempatnya sangat membantunya dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Ia merasa lebih mudah dalam mendapatkan air bersih dari sumber mata air di desanya. Hanya saja, kata dia, masih sering terkendala tidak mengalir ke rumahnya.

“Sering tidak mengalir air dari penampungan sarana air bersih. Tapi untung masih bisa dipakai sumur. Biasa juga ada kerusakan pipa katanya jadi tak jalan air. Mungkin kewalahan yang biasa perbaiki,”ungkapnya dengan bahasa bugis beberapa waktu lalu

Hal senada disampaikan warga lainnya. Mereka mengaku sering tidak mendapatkan air mengalir lantaran ada kerusakan yang lambat dibenahi secara bersama-sama. Warga belum terkoordinir dengan baik untuk bersama-sama mengatur pemeliharan sarana air bersih.

Selain itu, sarana air bersih yang dialirkan dari sumber mata air permandian desa setempat dengan menggunakan penampungan yang sudah tidak sebanding dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan air bersih. Penampungan perlu ditambah atau diganti yang lebih besar.

Kendati demikian, para warga juga berterimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah memprogramkan sarana air bersih tersebut. Saat ini, mereka berharap adanya program pioritas dalam peningkatan dan pemeliharaan berkala agar sarana air bersih dapat dinikmati lintas generasi. *

Komentar