oleh

Satgas Akan Rekrut Warga Tak Percaya Covid-19 Jadi Duta Covid-19 di Bone?

BONE, KLIKBONE.COM- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 (PPC) Kabupaten Bone mengungkap sejumlah tantangan dalam menghadapi Covid-19 di daerah yang berjuluk Bumi Arung Palakka ini. Mulai dari masih adanya ketidakpercayaan masyarakat terhadap Covid-19, komitmen, hingga penerapan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Juru bicara Satgas PPC Bone dr Yusuf saat ditanya mungkinkah Satgas akan membuat program merekrut mereka yang tidak percaya Covid-19 untuk diberi penjelasan medis dan bukti adanya Covid-19. Sehingga nantinya, menjadi duta Covid-19 dan mengkampayekan pentingnya protokol kesehatan di masyarakat.

“Saya kira masyarakat sudah tidak kurang lagi materi sosialisasi tentang Covid-19 ini. Sudah sembilan bulan dibicarakan, tapi memang komitmen untuk bersama-sama keluar dari pandemi yang lemah. Seolah-olah Covid-19 ini hanya urusan pemerintah,”ungkap Yusuf menjawab pertanyaan tersebut

Di satu sisi, lanjut Yusuf menjelaskan, pemerintah melalui Satgas PPC Bone sibuk menjaga kesehatan masyarakat dari bahaya penularan Covid-19. Namun, di sisi lain masyarakat justru merasa tidak dibantu. Malah merasa apa yang dilakukan Satgas mengaggu aktifitas mereka.

“Satu-satunya jalan adalah penegakan disiplin protokol kesehatan. Cuma untuk hal ini juga perlu dengan cara-cara humanis karena kalau ini yang mau diterapkan lebih banyak masyarakat yang melanggar dibanding yang tidak,”jelasnya

Selain itu, ia juga menyebutkan kehadiran vaksinasi nantinya akan sangat membantu dalam penanganan Covid-19 di daerah yang warganya kurang disiplin protokol, termasuk di Bone.

“Tapi itu saja tidak cukup (vaksinasi), harus dibarengi ptotokol kesehatan,”pungkasnya

Diketahui, sampai Senin 14 Desember 2020 pukul 20.00 Wita, jumlah konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bone sebanyak 630 kasus, dengan rincian sembuh 434 orang, meninggal 12 orang, dan dirawat 174 orang.

Satgas mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan berdoa kepada Allah SWT semoga pandemi ini segera berakhir.*

Komentar